Pengalaman Ikut Tes Masuk Seleksi Pascasarjana USU (Universitas Sumatera Utara) 2021

Photo by Pixabay on Pexels.com

Tahun 2021 ini menjadi tahun yang sangat excited. Akhirnya saya berani memutuskan dan berkesempatan untuk mendaftar dan mengikuti seleksi Pascasarjana USU Semester Ganjil Gelombang II. Saya memilih Program Magister Ilmu Manajemen untuk melanjutkan Program Sarjana saya dahulu yaitu Manajemen Keuangan.

Melanjutkan pendidikan Program Pascasarjana sebenarnya sudah masuk dalam agenda saya sejak lama. Dari tahun 2018 saya sudah ingin melanjutkan sekolah pascasarjana. Namun akibat pekerjaan sebagai Auditor dulu yang mengharuskan saya melanglang buana ke berbagai kota setiap bulannya, saya pending dahulu keinginan tersebut. Sempat juga ingin mengikuti beberapa beasiswa, baik yang difasilitasi kantor maupun beasiswa luar kantor. Tapi sepertinya saya masih belum dipercayakan mendapat rezeki tersebut.

Pengalaman mengikuti seleksi tes masuk program pascasarjana di USU kali ini sungguh sangat berbeda dengan pengalaman pada saat dahulu saya masih menjadi mahasiswa S1 Manajemen USU di tahun 2012 sampai dengan tahun 2016. Saya sangat bangga menjadi lulusan USU karena ternyata saat ini USU sudah benar-benar sangat berbeda. Mulai dari pendaftaran, ujian tes seleksi masuk, registrasi daftar ulang dan pengisian KRS semuanya sangat teratur dan sistematis. Transparan dan sangat mudah untuk diakses.

Berikut tahapan dalam mengikuti Tes Masuk Seleksi Program Pascasarjana USU 2021 yang terbagi menjadi beberapa tahapan.

1. Pembelian Formulir Seleksi Program Pascasarjana USU

Pembelian formulir seleksi Program Pascasarjana USU hanya bisa diakses melalui Bank BNI. Pembayarannya dapat dilakukan melalui Teller, ATM ataupun Internet Banking. Saya menyarankan untuk pembayarannya langsung ke Teller saja, agar menghindari kesalahan pembayaran. Biaya pendaftaran awal untuk Program Pascasarjana sebesar Rp. 750.000,- . Nantinya didalam struk billing yang diberikan oleh Teller Bank BNI akan tercantum No. Billing dan PIN yang akan berguna untuk pendaftaran masuk login ke website pendaftaran masuk Program Pascasarjana USU. So, struk billing ini jangan sampai tercecer ya!

2. Login via Website Pendaftaran Pascasarjana USU

Login untuk Pendaftaran Pascasarjana USU dapat diakses pada link berikut: https://penerimaansps.usu.ac.id/ . Masukkan No. Billing dan PIN struk billing pada saat pembayaran di Bank BNI sebelumnya.

Pada halaman website ini, calon peserta diminta untuk mengisi semua data yang diminta. Mulai dari pengisian Biodata, Pilihan Program Studi, Dokumen dan Surat Rekomendasi.

Dokumen yang wajib di upload ke website dan perlu calon peserta persiapkan sedini mungkin adalah:
1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
2. PasPoto ukuran 4*6 cm dengan latar belakang merah
3. Ijazah S1 (.pdf)
4. Transkrip Nilai (.pdf)
5. Surat Rekomendasi bertandatangan dari Atasan Kantor (bagi yang sudah bekerja) dan dari Dosen Pembimbing sebelumnya (bagi yang belum bekerja)

Setelah semua dokumen terisi, klik kolom Konfirmasi dan pilih Cetak Tanda Peserta untuk kamu download. Simpan Kartu Tanda Peserta baik-baik karena akan digunakan pada saat mengikuti ujian tes seleksi.

Halaman website yang wajib diisi calon peserta Pascasarjana USU
(beberapa data ditutup untuk menghindari penyalahgunaan data)
Hasil Cetakan Kartu Tanda Pesera yang di download dari Website Pascasarjana USU
(beberapa data ditutup untuk menghindari penyalahgunaan data)

3. Ujian Test Potensi Akademik

Jadwal Ujian Test Potensi Akademik akan diumumkan via grup WhatsApp yang dibuat oleh Admin Pascasarjana USU. Untuk berjaga-jaga siapa tahu kamu kelupaan diinvite sama Admin-nya, kamu wajib sering mampir ke Website Pascasarjana USU. Di bagian Beranda akan ada berbagai jenis pengumuman. Silahkan dicek sendiri. Ujian Test Potensi Akademik yang saya ikuti kemarin berlangsung pada tanggal 24 Juli 2021.

Untuk tes yang diselenggarakan, USU menggunakan jasa PLTI (Pusat Layanan Tes Indonesia). Sejujurnya saya unexpected kalau ternyata tahun ini USU memakai jasa PLTI. Berdasarkan informasi teman-teman saya yang terlebih dahulu menjadi mahasiswa pascasarjana USU, biasanya USU tidak menggunakan pihak ketiga dalam penyelenggarakan tes seleksi masuknya. Apalagi sampai memakai jasa PLTI, yang setahu saya PLTI adalah lembaga khusus penyelenggara tes untuk sertifikasi menjadi Dosen ataupun praktisi sejenis. Ini juga salah satu terobosan terbaru USU dalam menyeleksi calon mahasiswa Pascasarjananya.

Jadi sebelum tes dilaksanakan, para calon peserta diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu di website PLTI (https://member.plti.co.id/) sebagai member peserta ujian Pascasarjana USU. Jenis Tes yang harus dipilih adalah TPDA. Langkah-langkah yang harus diikuti untuk mendaftar sebagai member ujian dapat dilihat didalam dokumen berikut:

Setelah urusan pendaftaran member ujian selesai, calon peserta harus menginstall Aplikasi SEB yang digunakan PLTI sebagai media tes karena tes dilaksanakan secara online. Aplikasi tersebut harus diinstall pada PC atau Laptop. Saat peserta melaksanakan ujian dengan aplikasi tersebut, peserta ujian tidak akan bisa mengakses aplikasi lain seperti browser Google, file pdf, file office bahkan aplikasi Zoom. Kamera PC atau Laptop harus dinyalakan karena akan ada pengawas ujian yang mengawasi gerak-gerik peserta ujian. Peserta juga harus memastikan bahwa ruangan tempatnya melaksanakan ujian harus kosong alias hanya seorang diri saja.

Berikut panduan instalasi Aplikasi SEB PLTI dan petunjuk persiapan ujian TPDA. Silahkan didownload guys!

Tes yang diadakan oleh PLTI untuk Program Pascasarjana adalah Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) yang sering dikenal dengan nama Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA). Tes ini terdiri dari bagian verbal, numerical, dan figural dalam 8 subtest dengan total 160 butir soal. Skor dilaporkan dalam standar CEEB dengan rentang 200-800.

Berikut pembagian Tes Seleksi Masuk Program Pascasarjana USU yang diadakan oleh PLTI:

Untuk pengerjaan soal, waktu yang diberikan sangat terbatas. Pada tes TPDA ini, peserta tidak bisa melanjutkan pengerjaan pada suatu kelompok soal bila alokasi waktu kelompok tersebut sudah habis. Misalnya, peserta ujian tidak bisa kembali mengerjakan kelompok soal Analogi dengan jumlah 20 soal bila waktu pengerjaan 8 menit telah selesai. Hal ini dikarenakan begitu waktu pengerjaan kelompok soal Analogi dengan waktu 8 menit tersebut habis, maka akan langsung dilanjutkan kekelompok soal yang lainnya, yaitu Logical Reasoning. Begitu seterusnya sampai semua soal selesai diadakan selama 120 menit.

Saya menyarankan untuk tetap belajar mempersiapkan diri sebelum ujian dilaksanakan. Berdasarkan pengalaman saya, soal tes yang diberikan oleh PLTI levelnya lumayan susah. Apalagi untuk saya yang sudah lama tidak mengerjakan soal TPA semacam ini.

Hasil skor tes akan muncul langsung begitu hasil ujian selesai. Mirip dengan tes CAT CPNS. Peserta juga bisa mendownload hasil skor tes dalam bentuk sertifikat di website resmi PLTI. Puji Tuhan saya lulus.

Untuk pengumuman resmi dari USU sebagai tanda kita berhak melanjutkan ke tahap tes berikutnya yaitu Tes Wawancara akan diumumkan melalui website resmi Pascasarjana USU.

4. Tes Wawancara

Tes wawancara seleksi masuk Pascasarjana USU yang saya ikuti tanggal 27 Juli 2021. Saya diwawancarai oleh 2 mantan dosen saya sewaktu kuliah S1 yaitu Dr. Yeni Absah dan Dr. Beby Karina Fawzeea Sembiring. Puji Tuhan wawancara berjalan lancar. Mungkin karena sudah terjun ke dunia profesional sebagai pekerjaan kantoran, saya tidak terlalu grogi lagi seperti dulu pada saat wawancara mencari pekerjaan dulu.

Beberapa pertanyaan wawancara yang diajukan seperti:
1. Kenapa Anda ingin melanjutkan Program Pascasarjana di USU?
2. Apa latar belakang pendidikan Anda?
3. Apakah dana kuliah S2 Anda tersedia selama perkuliahan berlangsung?
4. Darimanakah sumber dana kuliah S2 Anda?
5. Apakah Anda yakin bisa lulus tepat waktu?
6. Apakah Anda punya bayangan mau mengambil topik apa pada saat menyusun tesis nanti?
7. Apa saja yang Anda pahami tentang Manajemen?
8. Apa saja prestasi Anda selama kuliah pada saat S1 dulu?

Persiapkan diri sebaik-baiknya. Meskipun pertanyaan-pertanyaan yang diajukan umum, alangkah lebih baik jika dipersiapkan dan latihan sebelum tes wawancara berlangsung. Itung-itung biar gak malu-maluin Instansi tempat kamu bekerja. Bayangin jika kamu seorang pegawai di perusahaan besar, tapi ketika wawancara seleksi masuk Pascasarjana kamu memberikan jawaban asal atau menunjukkan sikap yang tidak baik. Pasti malu-maluin instansi tempat kamu bekerja dong ya.

5. Pengumuman Kelulusan

Pengumuman kelulusan sebagai Mahasiswa Pascasarjana USU diumumkan di website resmi Pascasarjana USU. Selain itu, biasanya ditahap ini kamu otomatis sudah dimasukkan oleh Admin Pascasarjana USU ke grup WhatsApp. So, rajin-rajin untuk cek websitenya dan whatsApp kamu ya. Aktif bertanya juga kepada rekan-rekan calon mahasiswa lainnya.

6. Registrasi Ulang

Setelah diumumkan kelulusan dan resmi menjabat sebagai Mahasiswa Pascasarjana Magister Ilmu Manajemen, hal yang perlu diurus adalah registrasi ulang. Registrasi ulang ini diperpanjang lamanya menjadi 3 minggu (dari yang semula hanya 1 minggu saja) mengingat registrasi ulang kali ini jadwalnya bersamaan dengan registrasi ulang S1 dan S3 juga.

Berikut tata cara registrasi ulang Program Pascasarjana USU 2021:

Berdasarkan pengumuman resmi diatas, dokumen yang wajib diurus dan sedikit memakan waktu adalah poin C, G, H dan I pada Bagian I Pendaftaran Ulang. Fokuslah pada pemenuhan 4 dokumen tersebut.

Setelah upload dokumen pada registrasi ulang telah lengkap maka bayarlah uang SPP sesuai dengan waktu yang ditentukan. Untuk biaya SPP per semester sebesar Rp. 6.500.000,- untuk kelas Paralel (jadwal kelas belajar Jumat dan Sabtu) serta Rp. 6.000.000,- untuk kelas Reguler (jadwal kelas belajar Senin s.d Kamis). Dan untuk mahasiswa baru, dikenakan biaya DKA (Dana Kelengkapan Akademik) sebesar Rp. 7.000.000. Biaya DKA ini hanya dikenakan sekali saja selama masa perkuliahan berlangsung. Jadi total biaya yang saya keluarkan pada registrasi ulang adalah Rp. 13.500.000,- (saya memilih kelas Pararel untuk memudahkan saya membagi waktu bekerja di kantor dengan belajar di kampus).

MAHAL YA. Iya, mahal. Semoga mahal harganya sebanding dengan ilmu yang bisa saya dapatkan nanti ya. Mohon doanya.

Ya, begitulah serba-serbi pengalaman saya dalam mengikuti seleksi masuk Pascasarjana USU 2021. Semoga bisa menjadi ladang berkat dan memudahkan teman-teman yang berminat untuk ikutan juga digelombang selanjutnya. Jangan pandang mahal harganya ya. Kalau kamu sudah punya dananya, memang berniat sejak lama melanjutkan sekolah S2 dan memiliki waktu yang cukup sebaiknya jangan ditunda-tunda ya. Yuk, semangat menimba ilmu!

Bagi teman-teman yang ingin bergabung menjadi mahasiswa Pascasarjana USU digelombang berikutnya, pendaftarannya sampai dengan tanggal 30 Desember 2021 dan Ujian TPA nya akan dilaksanakan 13 Januari 2022. Selamat mencoba dan Good luck!

“Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan”

🍃Amsal 1:7🍃

47 tanggapan untuk “Pengalaman Ikut Tes Masuk Seleksi Pascasarjana USU (Universitas Sumatera Utara) 2021

  1. Semoga berjalan lancar ya mbak kuliah S2 nya. selagi ada peluang ya jalani aja.
    saya juga maunya lanjut S2 tapi berhubung keadaan sekarang yg blm memungkinkan blm bisa lanjut S2.

    ganbatte 💪

    Suka

  2. Sukses terus mba Tania. Tidak ada kata mahal untuk sebuah pendidikan. Karena pendidikan adalah investasi yang returnnya tidak ternilai (Salam dari orang yang suka belajar tapi belum pinter2 juga) hehehe

    Saya juga mau lanjut S2 tahun depan. Ilmunya sama, Manajemen Bisnis. Sebelumnya saya lulusan Sarjana Terapan Pariwisata.

    Doain yaa mba Tania agar saya bisa mengikuti jejaknya termasuk jejaknya jadi PNS. Hihihi

    Suka

      1. Halo kak selain tes tpa dan wawancara ada tes untuk bidangnya masing2 ga kak? Apakah kk dulu wawancara nya online ?

        Suka

  3. kata orang tes pascasarjana itu lebih mudah ketimbang s1 karena persaingan yang berkurang.. tapi tetep aja hepi banget kan yaa kalau ketrima. aku pun jadi inget ketrima simak ui (akhirnya!!) pas mau S2 tapi sayangnya gak bisa aku masukin karena ada hal lain.

    Suka

  4. Semoga sukses selalu ya kak, meraih kesuksesan dibutuhkan proses dan pengalaman. Melanjutkan pendidikan Pascasarjana dimasa pandemi tidaklah mudah, tapi niat dan kerja keras ada kunci utama keberhasilan.

    Suka

  5. Wah keren bangett, semoga sukses ya kak untuk pendidikan Pascasarjananya hihi,
    Membantu banget juga untuk yang lg cari info kayak gini

    Suka

  6. Hai kak, sy mau coba tahun ini..
    Untuk rekomendasi atasan hanya memang surat yg di upload atau butuh email atasan untuk konfirmasi lagi ya?
    Sy lihat di web usu rekomendasinya via online..mohon pencerahannya kak.
    Tq

    Suka

  7. Hay kak. Salam kenal. Artikel nya sangat bermanfaat.
    Oh iya maaf kak mau tanya, untuk Uang masuk pertama itu SPP+DKA aja kah? Untuk biaya matrikulasi itu kapan di bayar kan nya ya kak? Terimakasih

    Suka

  8. Sebelumnya terimakasih kak atas informasinya yang sangt membantu. Izin bertanya kak itu pendaftaran akun plti nya didaftarkan saat hari H ujianya atau kapan yah kak? Terimakasih gbu😇

    Suka

  9. kak waktu dalam wawancara berapa menitt kak ? dan sewaktu ditanya judul proposal adalagi pertanyaan tambahannya kak ?

    Suka

  10. hi kak ! mau tanya untuk surat rekomendasi atasan (jika sudah bekerja) dan dosen ini dilampirkan salah satu aja atau keduanya? saya sudah bekerja, rencana hanya rekomendasi atasan saja. Bantu jawab ya kak thanks..

    Suka

Tinggalkan komentar