Menu Bekal Sehat Seminggu [Clean Eating Pt. 2]

Tulisan saya sebelumnya terkait Menu Bekal Sehat Seminggu ternyata disambut antusias oleh para pembaca. Tidak disangka ternyata sekarang ini banyak yang sudah sadar akan pentingnya memasak makanan sendiri.

Selain lebih sehat karena kita sendiri yang secara langsung melakukan control atas bahan, alat masak dan cara memasaknya, kita bisa saving uang lebih.

Jujur saja, sebenarnya saya tidak pernah melakukan prepare meal plan mingguan. Saya biasanya random saja memasak menu sehari-hari. Semuanya tergantung bahan apa yang masih tersedia didalam kulkas dan bumbu dapur.

Yang sudah pasti harus saya stock didalam kulkas untuk menghemat waktu memasak sehari-hari adalah sambal merah balado dan bumbu kuning. Setiap minggu saya pasti membuat keduanya.

[Untuk yang mau tahu resep sambal-sambalan bisa berikan comment agar saya buat resepnya secara terpisah di tulisan saya berikutnya]

Berikut saya sajikan kembali beberapa menu bekal seminggu yang berbeda dari sebelumnya. Saya tetap pada prinsip semula, yaitu menggunakan bahan tradisional yang sangat mudah didapat diberbagai pasar tradisional seluruh Indonesia sehingga sangat mudah untuk ditiru ataupun dimodifikasi. So simple!

Hari Senin

Menu:
1. Karbo : Nasi Merah
2. Sayur : Selada, Timun Potong dan Tomat Ceri
3. Lauk : Sop Pedas Telur, Jamur dan Jamur Kuping

Hari Selasa

Menu:
1. Karbo: Nasi Merah
2. Sayur: Tumis Pedas Buncis Telur
3. Lauk: Ikan Nabati (Vegan) Sambal Balado

Hari Rabu

Menu:
Karbo: Nasi Merah
Sayur: Soup Miso khas Jepang (Tahu rebus dicampur dengan Miso Pasta dan Rumput Laut)
Lauk: Nouget Nabati goreng kering

Hari Kamis

Menu:
Karbo: Nasi Merah
Sayur: Selada dan Buncis serta Wortel yang direbus
Lauk: Semur Daging Rusa plus Telur Rebus

Hari Jumat

Menu:
1. Karbo digabung dengan Sayur dan Lauk:
Tumis Mie Shirataki dengan telur dan berbagai macam sayuran dan bumbu pedas
2. Cemilan Pedamping: Lumpia isi sayuran

Demikian beberapa menu harian yang simple dan bisa dimasak setiap harinya. Tips dari saya pribadi adalah sesuaikan makanan yang sekira kita konsumsi dengan banyaknya kegiatan yang akan kita lakukan seharian. Contohnya seperti menu hari selasa dan kamis biasanya akan memasak makanan protein tinggi karena hari itu merupakan jadwal rutin saya untuk berolahraga.

Untuk weekend  saya untuk mengunjungi restoran atau cafe favorit. Saya jarang memasak dihari weekend. Weekend adalah waktu untuk santai. Pastikan diri untuk selalu punya waktu untuk tidak memasak dalam seminggu agar rutinitas memasak tidak menjadi hal yang membosankan dan berakhir burn out.

[NB: Dilarang keras mempergunakan gambar tanpa seizin penulis]

Happy Cooking Good People!

B.F.

30 tanggapan untuk “Menu Bekal Sehat Seminggu [Clean Eating Pt. 2]

  1. Keren bangeeet, Mbak, bisa konsisten masak sendiri, masak menu-menu sehat seperti itu. Klo saya ampuuun deh, ke angkringan lagi ke angkringan lagi. Ke penjual lotek lagi ke penjual lotek lagi.

    Suka

  2. keren nih mba konsistensinyaa.. aku juga lagi mencoba lebih banyak makan sehat dan mengurangi nasi. cuma kalo pas lagi ada kerja atau acara agak bablas lagiii heheh

    Suka

  3. makasih ide makanannya selama seminggu ya Mbak, walaupun gak bekal-bekalan lagi tapi boleh juga nih cobain makanan sehat seperti ini 🙂

    Anyway salut, konsisten dengan nasi merah 🙂

    Suka

  4. Ini masak buat sendiri ya kak? Saya jg pernah nih nyoba clean eating cuma itu kurangi minyak dan tepung yg paling susah. Eh tp itu mbak jg ada menu yg goreng jg yaa.. Yg pntg lebih hemat ya mbak. Hihi

    Suka

  5. Aaakkk cakeepp iniiihhh, mau aku praktikkan semua untuk sahur bulan depan…
    Kami sudah 5th sahur nggak makan nasi, jadi butuh banget ide masakan seperti ini.

    Favoritku menu hari Senin, sedeeeppp.

    Suka

  6. Wahhh makanan dari senin sampe jumatnya emang bikin ngiler banget, apalagi kalau dimasak sendiri kayak gini duh enak banget pasti. Aku suka banget yang hari rabuuu, sering banget tuh aku makan setiap hari hha, kadang buat nyemil juga kadang buat lauk :v

    Suka

  7. Menu sehatnya bisa dicontek dan di-ATM, nih. Saya juga sedang berusaha memperhatikan makanan keluarga. Pengen sehat. Awalnya baru membiasakan memasak yang dikukus atau semacamnya.

    Suka

  8. Menunya simpel ya, mbak, bisa banget ditiru sama aku yang jarang sekali masak hihiii Aku kalau diet atau clean eating biasanya nambah pengeluaran karena salad aja di atas 50 ribu sekali makan :)))

    Suka

  9. Ya ampuuun bisa nih aku tiru, komplet menunya, inspiratif ini, kak. salut padamu akutuuu. Setuju jika masak sendiri tuh kita bisa control atas bahan, alat masak dan cara memasaknya, juga kita bisa saving uang lebih kan ya…Mana mantap pula hasilnya kek gini, Yummy!

    Suka

  10. Boleh nih ditiru menunya. Tapi kalau ngikutin seminggu penuh sih aku nggak sanggup saking aku pun kalau masak sungguh random. Mba, fotonya clear dan cakep. Biar nggak diambil orang suka suka, dikasih watermark aja Mba.

    Suka

  11. Aku suka banget sama masak2, kalo dulu jamannya sebelom pandemi menyiapkan bekal buat keluarga yg kerja dan sekolah dari TK-SMK.

    Sekarang masak random, banyaknya wfh dan anak pun udah beres sekolahnya jadi daring dah.

    Btw makasih loh ide2 masakannya, gampang menunya, simple tapi sehat.

    Suka

  12. Menarik banget pembagian waktunya, dan menjadikan weekend untuk tidak memasak alias bisa sedikit bersantai. Dan menu-menunya juga cukup sederhana mudah dimasak. Aku paling suka buncis tumis pakai telor, tapi nggak terlalu pedas.

    Suka

  13. foto nya bikin say angiler, kakak punya good feel nih di fotografi, hehehe. aku penasaran deh sama rasanya Miso Pasta seperti apa. belum pernahnyobain soalnya, yang lainnya dari menu diatas aku udah nyobain. terkait masak sendiri iya sih emang lebih hemat dibanding beli makanan atau masakan yang udah jadi. karena minyak goreng kemasan sekarang mahal nyampe 50ribu, rasanya mending beli minyak biji matahari atau zaitun sekalian ya, lebih sehat

    Suka

  14. Kak usul dong, coba sama sekalian resepnya. Saya penasaran sama bumbu-bumbunya. Soalnya saya sering cuma punya waktu mepet padahal pengennya masak sendiri terus. Barangkali bisa saya cobain bikin juga.

    Suka

  15. Kayaknya pandemi memang menyadarkan banyak orang betapa pentingnya menjaga gaya hidup sehat mba, soalnya aku sendiri juga baru sadar setelah sakit, huhu

    Btw, makasih menu seminggunya mba. menggiurkan banget!

    Suka

  16. makanannya simpel iya padahal bisa kita bikin sendiri di rumah dengan mudah. makasih banget udah sharing mbak. aku lagi cari-cari karena mulai mengganggu entah ini asam lambung biasa atau gerd. aku agak yakin ini udah gerd karena sering kali tiap malem tuh nggak bisa tidur krna perut bloating ada gas dan harus sendawa ngeluarin gas itu sampai kadang ngeluarinnya kayak mau muntah krna gak enak banget. kalau gak dikeluarin dada rasanya penuh susah napas. sampai ketergantungan inhealer mlu.

    udah harus stop kopi aku juga nampaknya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s