10 Perubahan Kecil Untuk Ubah Hidupmu

Apakah kamu pernah menulis daftar resolusi pada malam tahun baru dan akhirnya hanya jadi wacana belaka? Saya pernah mengalaminya. Namun seiring dengan berjalannya waktu akhirnya saya menyadari sesuatu. Bahwa membuat resolusi itu memang bagus, namun jika kita bertindak secara ekstrim biasanya otak kita cenderung merasakakan overwholemed.

Daripada sibuk membuat daftar resolusi besar yang akhirnya hanya akan membebanimu, mungkin sebaiknya kita bisa mulai dari melakukan perubahan-perubahan kecil yang bisa konsisten kita lakukan setiap hari.

Yuk intip, 10 perubahan kecil yang bisa mengubah hidupmu!

1. Susun Jadwal Harianmu

Untuk langkah diawal, ada baiknya kita harus mengetahui kebiasaan apa yang sehari-hari kita lakukan. Idealnya, kita punya catatan atas jadwal keseharian kita. Susunlah dari kegiatanmu setiap harinya, mulai dari prioritas teratas sampai prioritas terbawah.

Dalam sehari kita memiliki waktu hanya 24 jam. Kita bisa membaginya menjadi 3 kategori besar yaitu 8 jam bekerja, 8 jam untuk melakukan hal lainnya dan sisa 8 jam lainnya adalah waktu beristirahat. Maksimalkan 8 jam bekerja tersebut dengan list pekerjaan yang sudah kamu susun dari yang paling prioritas dahulu. Kemudian 8 jam setelah kamu bisa menyusun jadwal untuk hobby mu seperti berolahraga, kursus masak ataupun sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terkasih. Dan 8 jam terakhir benar-benar maksimalkan untuk beristirahat alias tidur.

Dengan terbiasa menyusun jadwal harian, kita sudah punya pedoman untuk mengerjakan apa sepanjang harinya. Kita jadi memiliki waktu yang benar-benar efektif dan berkualitas. Cobalah untuk tetap taat pada jadwal yang sudah kita buat setiap harinya sampai benar-benar sudah menjadi kebiasaan yang melekat.

2. Prioritaskan Pengalaman Daripada Benda Material

Hidup ini hanya singkat. Mari isi pengalaman hidupmu dengan sesuatu yang berharga selain benda material. Daripada menghabiskan waktu dengan membeli benda-benda mahal, alangkah lebih berartinya jika dana tersebut dialokasi untuk sesuatu yang memorable seperti travelling bersama keluarga ketempat yang sama sekali baru bagi kalian.

Itu akan menjadi suatu kenangan indah dikemudian hari. Karena pada akhirnya semua pencapaian kita semasa hidup adalah bukanlah seberapa banyak yang jumlah harta kita, melainkan seberapa banyak pengalaman hidup yang telah kita jalani.

Happiness resides not in possessions, and not in gold, happiness dwells in the soul

-Democritus

3. The Second Rule by Mel Robbins

Mel Robbins dalam bukunya yang berjudul “The 5 Second Rule” mencetuskan tentang Praktik 5 Detik ini, dimana ketika kamu merasa malas namun sebenarnya kamu tahu harus mengerjakan hal itu saat ini juga, maka hitung mundur dari 5 hingga 1, lalu langsung bergerak dan melakukannya. Hal ini memicu insting dan bawah alam sadar kita untuk segera melakukan sesuatu dalam waktu 5 detik, dan otomatis mau tidak mau kita akan langsung mengerjakannya. Dengan cara ini, dapat dipastikan kamu tidak akan menunda-nunda pekerjaan lagi.

4. Menjadi Lebih Naturalis (Plant-Based)

Cobalah untuk lebih dekat dengan alam. Mulai dari sekedar menanam tumbuhan bunga atau pun sayuran yang bisa kamu konsumsi sehari-hari, meskipun hanya dilahan terbatas. Coba juga untuk mulai mengonsumsi makanan berbasis tumbuhan daripada hewani. Selain lebih menyehatkan ditubuh, mengonsumsi makanan plant-based bisa lebih membuat pemikiran lebih jernih.

Tidak perlu terburu-buru untuk mengubah pola makan ini. Dalam seminggu mungkin kamu bisa mengonsumi makanan plant-based selama 5 hari dan 2 hari kemudian kamu bisa mengonsumsi produk hewani lagi. Ini biasanya disebut flexitarian. Cobain deh!

5. Tidur yang Berkualitas adalah Investasi

Tidur adalah senjata utama manusia untuk mencapai hari yang produktif dan maksimal, tentunya setelah makan. Tidur yang disarankan para ahli adalah minimal 7 jam dan maksimal 9 jam setiap harinya.

Pastikan kamu tidur di jam yang teratur agar pada saat bangun kamu bisa lebih fresh dan semangat untuk bekerja. Kalau tidur malammu terganggu, sudah dapat dipastikan kegiatanmu satu hari berikutnya akan kacau. Hal tersebut akan terus menerus berlanjut bagaikan lingkaran setan.

6. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Mengenal diri sendiri adalah aset yang paling mahal. Diri kitalah yang paling sering menemani kita. Sering-seringlah bermeditasi dan bertanya kepada diri sendiri apa sebenarnya yang kita sukai dan kita ingini dalam hidup ini. Luangkan waktu 5 menit sampai 10 menit setiap harinya untuk berkontemplasi dengan diri sendiri.

Dan yang paling penting adalah berdamailah dengan masa lalumu. Lepaskan dan maafkan agar kita menjalani hidup ini dengan lebih ringan.

7. Buatlah Pilihan yang Membuatmu Bahagia

Jangan lagi mau memilih sebuah pilihan yang dipilihkan orang lain untukmu. Cobalah untuk berani memilih pilihan untuk dirimu sendiri. Tidak ada yang lebih tahu apa yang paling terbaik untukmu kecuali dirimu sendiri.

Bahkan orangtua dan saudara sekalipun bukanlah yang paling tahu apa yang paling kita inginkan dan paling kita perlukan untuk hidup kita. Beranilah berpendapat dan mandiri berdiri dikaki sendiri.

8. Gunakan Media Sosial Untuk Inspirasi

Media Sosial bisa membuat kita menjadi FOMO. Namun, media sosial bisa membantu kita untuk mendapat inspirasi. Sortir influencer yang benar-benar bisa menjadi inspirasi atau motivatormu. Follow lah hanya orang-orang yang kamu anggap bisa membawamu kedalam perubahan yang lebih positif. Kamu tidak perlu tahu semua hal!

9. Perjuangkan Sesuatu

Apapun cita-cita mu, perjuangkanlah itu. Besar ataupun kecil tidaklah penting. Jika kamu ingin punya body goals, perjuangkan! Jika kamu ingin karier yang lebih baik, kejarlah itu sampai dapat. Jika kamu ingin memiliki rumah tangga yang bahagia, buatlah bahagia.

Kita harus menjadi orang yang tahu apa yang mau diperjuangkan dihidup ini. Jangan mau hanya hidup sekedarnya saja, menjalani aktivitas dari hari ke hari tanpa tahu goals apa yang ingin dicapai. Kalau perlu buat mapping dan journaling khusus untuk memetakan tujuan hidupmu itu. Komitmen lah pada apa yang ingin kamu perjuangkan!

10. Tetapkan Niat, Bukan Hanya Hasil

Yang terakhir adalah yang paling sulit. Menanamkan mindset untuk tidak silau dengan buru-buru mengejar hasil tanpa memikirkan sebenarnya niat dari yang dihasilkan tersebut adalah yang paling susah. Kita sebagai manusia memang cenderung suka buru-buru melihat apa yang akan kita dapat dari mengerjakan sesuatu hal daripada mengetahui apa sebenarnya niat ataupun motif kita mengerjakan hal tersebut. Fokuslah untuk pada pencapaian yang sifatnya jangka panjang, daripada buru-buru mencapai sesuatu tapi tidak untuk jangka panjang.

Demikianlah perubahan kecil yang bisa kita terapkan sehari-hari. Kebahagiaan tidak selamanya harus berupa kesuksesan duniawi. Suksesmu belum tentu takaran kesuksesan untukmu, begitu pun sebaliknya. Mulailah perubahan dari hal-hal kecil seperti perubahan kecil atas pemikiran-pemikiran yang sudah kita uraikan diatas.

Selamat berproses!

If you work hard enough and assert yourself, and use your mind and imagination, you can shape the world to your desire

Malcolm Gladwell-Outliers

24 tanggapan untuk “10 Perubahan Kecil Untuk Ubah Hidupmu

  1. aaaaaa.. thanks banget sharingnya kak. Kena banget sih di tentang memperjuangkan sesuatu. kalau nggak ada yang diperjuangin ya hidup bakal gini gini aja yakkk.

    Suka

  2. Kalau aku biasanya tetap nulis resolusi cuma gak tak buat terlalu membebani. Biar gak overthingking hehe
    Bener Mba Feby, kalau belum memungkinkan lebih baik memang lakukan kebiasaan2 sederhana dulu

    Suka

  3. Sharing yang berfaedah sekali. Terima kasih. Khusus untuk nomor dua tuh bikin gemas. Dahulu saya tinggal di lingkungan yang berfokus pada prinsip, kalau gak kredit mana mungkin punya barang2? Alhasil hidup mereka dikejar2 tenggat bayar cicilan. Malah enggan piknik yang berarti bikin pengalaman/kenangan.

    Suka

  4. mwahahaha… ih aku banget tuh makanya udah berenti deh bikin resolusi-resolusian tiap taun baru. dah pokoknya dapat target yang sederhana aja.

    memperbaiki asupan ke dalam tubuh juga wujud mensyukuri hidup tuh, tiap kali mau cheating aku selalu ingat bahwa sampai hari ini aku udah berusaha jadi jangan dirusak lagi kebiasaan baiknya.

    Suka

  5. well, untuk bikin resolusi itu perlu komitmen tinggi saya. Salah satunya yang telah ditunjukkan di atas “Tetapkan Niat bukan hanya soal Hasilnya”. Ini yang paling sulit dikerjakan.

    Suka

  6. Nomor 1 itu aku banget sih, bikin resolusi yang jadi wacana. Dari semua tips di atas yang belum aku tahun the 5 seconds rules. Akan kucoba praktikkan. Karena aku udah buat jadwal harian pun suka dilanggar akibat “ngegugu” rasa malas itu. Makasih tipsnya mba

    Suka

  7. Tips yang menginspirasi ini..Memang perubahan kecil untuk ubah hidup akan menjadi kebiasaan jika konsisten dilakukan. Kusuka dengan The 5 Second Rule-nya. Bisa nih dicoba agar tak ada pekerjaan tertunda. Juga tips lainnya. Senin pagi baca ini beneran bikin motivasi . Thanks Kak Feby!

    Suka

  8. Wow pas bgt baca ini senin pagi. Saya merasa lebih semangat. The Second Rule by Mel Robbins hrs dipraktekin kalo nanti lg mager nih. Thank you ya atas tulisan ini.

    Suka

  9. Setuju sekali. Tak perlu muluk-muluk mengejar target. Sesuaikan dengan diri sendir dulu dan selalu mulai dengan perubahan kecil. Kalau kita berubah, sekitar kita akan mengikuti dan akhirnya bersama-sama mencapai target besar.

    Suka

  10. Membuat pilihan yang bisa bikin kita bahagia memang penting sekali.. membuat orang lain bahagia juga penting, tetapi kita tetap harus prioritaskan diri sendiri dulu. Nice sharing kak.

    Suka

  11. Nomor 2 ngena banget, kerjaan cuma dari nulis dan jarang banget ikut dalam kegiatan bermasyarakat ataupun mencari kerjaan lain selain menulis. Jadinya pengalaman sedikit dan cuma itu itu aja, jadi ingin mencoba hal lain biar bisa punya banyak pengalaman lg, apalagi hidup masih panjang..

    Suka

  12. senang sama tips tipsnya karena bukan tips yang rushing harus ini itu untuk mencapai sesuatu dalam hidup, melainkan sangat mindful dan enak diaplikasikan dalam sehari2. aku juga sedang belajar dari beberapa tips di atas, setuju sekali part pengalaman lebih dibanyakin daripada material hihi

    Suka

  13. Mantap, perubahan-perubahan kecil yang berdampak pada jangka panjang. Aku senang baca2 tips2nya mbak, sangat menginspirasi sekali. Ini bakal aku terapin dalam keseharian nih, terima kasih insightnya Mbak

    Suka

Tinggalkan komentar