Itinerary Travelling Lombok 2022

Lombok merupakan pulau dengan segudang pantai-pantai yang indah dan kadang jarang terjamah wisatawan. Perjalanan kami ke Lombok adalah lanjutan dari perjalanan kami pada saat ke Bali kemarin.

Cek link : Itinerary Travelling Bali 2022

Menuju Lombok kami pergi dengan menaiki pesawat. Namun sebenarnya ada alternatif dengan naik kapal feri seharga Rp. 375.000 per orangnya. Menyeberang dari Pelabuhan Padang Bai di Bali membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam menuju Lombok. Menurut kami alternatif tersebut lumayan memakan waktu. Selain itu juga jika dihitung kembali biaya naik kapal feri dengan naik pesawat pun tidak terlalu jauh berbeda sehingga kami memutuskan untuk naik pesawat saja.

Bukan hanya karena pantainya yang masih natural dan asri, keindahan Lombok juga semakin terkenal karena untuk pertama kalinya Indonesia memiliki sirkuit untuk event balap internasional dengan pemandangan bibir pantai dan tepi laut Kuta Mandalika yang eksotis.

Berikut itinerary yang bisa kami bagikan sebagai referensi jika ingin berlibur ke Lombok.

1. Pink Beach

Selain Pulau Bajo NTT, Lombok juga memiliki Pink Beach. Pink Beach ini memiliki pasir dan bebatuan yang berwarna merah muda sehingga gugusan garis pantai yang terbentuk berwarna pink jika dilihat dari kejauhan. Warna merah muda terbentuk akibat pecahan batu karang dibawah laut disekitaran pantai tersebut.

Saat kami datang kesana kebetulan sedang mendung sehingga warna merah yang diidamkan kurang terasa warnanya. Namun bukan berarti hal itu membuat sedih. Karena nyata saat kami berkunjung kesana hanya kami berdua saja sehingga kami bisa explore pantainya dengan bebas.

Akses menuju Pink Beach ini sebenarnya agak sulit mengingat rute yang dilalui sangat terpencil serta medan yang cukup sulit juga. Jika ingin kesana alangkah lebih baik jika ditemani dengan masyarakat setempat.

2. Gili Nanggu – Gili Sudak – Gili Kedis

Biasanya disebut 3 Gili. Ketiga Gili ini bisa ditempuh dengan menyewa perahu penduduk setempat. Rate harga yang ditawarkan juga sebenarnya sangat ramah dikantong. Dengan kita menyewa perahu untuk mengelili 3 Gili tersebut, kita juga didampingi oleh guide plus mendapatkan poto bawah laut menggunakan kamera gopro. Batas waktu ditiap pulau juga tidak dibatasi oleh guide.

Aktivitas yang bisa dilakukan ditiap gili adalah snorkling, diving, sampai dengan bisa sun-set di Gili Kedis. Dijamin, sunset-an di Gili Kedis akan menjadi kenangan indah.

3. Desa Sukarara Kampung Tenun – Desa Sasak Sade

Desa Sukarara merupakan desa adat Lombok yang para wanitanya banyak yang menjadi penenun profesional. Hasil tenunan para wanita ini juga tidak main-main. Harga tenunan yang ditawarkan pun beragam. Selain hasil tenunan yang dijual kepada para wisatawan, disini kita juga bisa minta diajari menenun secara gratis.

Selanjutnya desa adat Lombok yang terkenal dan wajib dikunjungi di Lombok adalah Desa Sasak Sade. Desa ini memiliki adat yang unik yaitu setiap anak muda rata-rata harus menikah muda dengan cara kawin lari. Rumah ada desa ini juga memiliki bentuk yang khas, bahkan menjadi representatif bentuk rumah adat untuk Lombok.

Desa Sasak Sade menawarkan banyak pernak-pernik khas Lombok yang merupakan kerajinan tangan asli penduduk setempat. Harga yang dibandrol pun tidak mahal, jadi sangat cocok berbelanja oleh-oleh di desa ini.

4. Pantai Kuta Mandalika – Mandalika International Street Circuit – Tanjung Aan – Bukit Marese

Pantai Kuta Mandalika merupakan salah satu spot andalan dan wajib dikunjungi saat travelling ke Lombok. Pantai ini memiliki ciri khas pada pasir pantai yaitu bentuk pasirnya menyerupai butiran merica. Saat kami berkunjung kesana, Pantai Kuta Mandalika benar-benar dibangun sangat modern di era kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi. Beragam kafe, minimarket dan beberapa hotel bintang 3 dan 4 ada disana. Pembangunan daerah sekitaran Pantai Kuta Mandalika ini memang sejalan dengan pembangunan sirkuit Balap Motor Internasional yaitu Mandalika International Street Circuit.

Pada saat kami berkunjung kesana memang sedang gencarnya penyelesaian pembangunan Mandalika International Street Circuit karena untuk pertama kalinya Indonesia memiliki sirkuit balap motor sekeren ini dan Indonesia menjadi hots untuk perlombaan Sirkuit ini juga menjadi tuan rumah berbagai pagelaran lain seperti World Superbike, Kejurnas Mandalika Racing Series, Shell Eco-marathon, dan National Track Day. Mandalika pertama kali menggelar Grand Prix Sepeda Motor Indonesia pada Maret 2022 setelah sukses menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Superbike pertamanya pada bulan November 2021. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sirkuit_Internasional_Mandalika)

Selain bisa menikmati lomba balap motor International, tidak jauh dari arena sirkuit tersebut terdapat Tanjung Aan. Tanjung Aan ini merupakan salah satu pantai yang menjadi spot andalan Lombok. Tempat ini terkenal akan kebersihan dan kebiruan lautnya. Biaya masuk ke Tanjung Aan ini gratis.

Spot terakhir yang kami kunjungi adalah Bukit Marese. Bukit Marese ini tempat paling sempurna untuk menikmari sunset karena pemandangan yang ditawarkan memang benar-benar indah. Kita bisa melihat matahari terbenar diujung barat samudera Indonesia tanpa terhalang apapun.

Bukit Marese ini cukup tinggi untuk didaki namun akses nya juga aman dan mudah untuk didaki. Dari bukit ini kita bisa melihat Tanjung Aan dan Sirkuit Mandalika dari penampakan atas. Bukit Marese merupakan tempat yang paling sempurna untuk mengakhiri liburan di Pulau Lombok ini.

5. Penutup

Selain dari spot-spot indah diatas, masih banyak yang perlu di explore dari Pulau Lombok. Perlu diingat bahwa catatan perjalanan saya ini terjadi ditahun 2022 sehingga mungkin jika dibandingkan sekarang sepertinya Lombok sudah banyak mengalami perubahan dalam hal kemajuan. Happy Travelling!

41 tanggapan untuk “Itinerary Travelling Lombok 2022

  1. Dari kemarin udah planning mau ke Lombok tapi belum jadi jadi .. mudah mudahan segera habis lebaran ini yaaa … keren sis article nya .. Jadi tau nih itenerary nya apa aja

    Suka

    1. Hai kak Feby 👋

      Aku Nafilah Cha dari blog M. Salam kenal ya.

      Lombok itu udah lama banget jadi wishlist travelling aku tapi sampai saat ini belum juga dapat kesempatan kesana. Makasih banget untuk rekomendasi spot-spot menarik di Lombok.

      Suka

  2. Hai salam kenal kak Feby, aku Sakinah dari Blog M yang suka nih baca tulisan kakak tentang travelling di Lombok. Destinasi wisata yang masuk wishlist aku dari dulu tapi belum kesampaian karena budgetnya lumayang juga kesana ya kak. Tapi liat foto-foto pantainya berasa worth it gak sih kak? Duh memanjakan mata sekaliii

    Suka

  3. Menarik, semoga bisa ke Lombok segera. Kalau entar ke Lombok kayaknya harus baca ulang tulisan ini utk petunjuk perjalanan. 😃

    Suka

  4. Pas masih semangat-semangatnya jalan-jalan dulu, Lombok ini masuk daftar no. 1 kami juga dulu. Sekarang personilnya udah bertebaran di muka bumi😅.

    Btw, keseluruhan tripnya ini waktu itu makan berpa hari, Kak? n ngabisin budget berapa standarnya?

    Salam kenal Kak, Feby. Aku Tiwi dari BlogM juga. Walau udah gak di Medan lagi😎

    Suka

  5. Lombok memang wajib jd list resort yg wajib dikunjungi, pantainya cakep2. semangat nabung nih, biar bs melalak cantik ke lombok.

    Suka

  6. Hai kak feby salam kenal ya, aku zaimah. Terimakasih infonya, selain jadi tau tempat² wisata di Lombok, aku bisa lihat keindahan lombok melalui tulisan kakak. Semoga suatu hari bisa kesana juga.

    Suka

  7. Lombok, jadi wishlist banget. Belum pernah. Kalau dengar dari teman atau baca-baca, pantai-pantai di lombok tu bagus-bagus ya.

    Serasa pemilik pantai, kalau cuma berdua saja 🤭

    Suka

  8. Herijo Said: Salah satu mahakarya Tuhan adalah pulau lombok yang semakin memukau keindahannya. Semoga bisa berkunjung kesana.

    Suka

  9. jadi wish list nih apalagi sering banget yang eskplore ke Mandalika, jadi pengin ke sana juga, pantai di Lombok cakep-cakep semua ya, berarti kulinerannya seafood nih. Semoga harganya nggak begitu jauh antara 2022 ke 2024

    Suka

  10. ke Pink Beach cuma berdua serasa pantai milik sendiri ah. apalagi spot spot wisata lainnya masih belu tercemar tangan kotor manusia membuang sampah sembarangan.

    (Kyo)

    Suka

  11. Di Lombok banyak juga ya destinasi wisata yang bisa kita kunjungi termasuk pantainya yang sangat indah. InsyaAllah kapan-kapan Firdaus mau liburan kesana.

    Suka

  12. Aku suka banget mampir ke Desa Sasak Sade, apalagi belanja kain tenun di sana. Bisa lihat rumah2 adat juga. Sayang pas ke Lombok belum ada sirkuit Mandalika, padahal kepengen banget mampir. Eh orang umum bisa masuk ga sik mbaa? Pas lagi ngga ada balapan gitu wkwkwk.

    Suka

  13. udah lama rencanain ke lombok ini bareng suami tp belum kesampean2 jg haha

    bagusnya kesana pas gak musim liburan ya mba, biar gak rame

    kira2 spare berapa hari ya buat bisa explorenya?

    Suka

  14. huwahhh cantik banget demi apa pantai kuta mandalikanya.. keren banget emang indonesia timur itu gada yang gagal kalo traveljng kesana.. semua worthed destinasinya

    Suka

  15. Cantik-cantik banget pemadangan Lombok! Lombok masih jadi impian buat saya untuk dijelajahi. Pengen juga tau langsung budaya-budaya di sana. Makasih cerita dan tipsnya, Mbak.

    (Ikfi)

    Suka

  16. Teddy pernah dengar sebuah tempat yang dapat menyaingi atau bahkan sebagus Bali yaitu Lombok, dan dari artikel Kakak sudah terjawab tuntas tentang itu. Betapa bagusnya pantai dan pemandangan di sana.

    Belum lagi semua yang Kakak rekomendasikan itu tempatnya keren abis dah, pengin banget rasanya kesana. Semoga suatu saat nanti diberikan kesempatan. Belum lagi bisa belajar menenun gratis, keren dah.

    Terima Kasih telah berbagi ya Kak.

    Suka

  17. Salah satu tempat wisata yang bakal menjadi favorit banyak orang di Lombok, ya Sirkuit Mandalika itu. Bahkan keindahan wisata alamnya di sana buat takjub banyak pembalap moto gp.

    Suka

  18. Wuaah hepi banget bisa main ke Lombok mbak. Salah satu destinasi idamanku juga, moga kapan2 bisa ke sana. Pink beach, Mandalika, dan Desa Sasak aku udah sering dengar. Tapi yang Gili-gilian itu aku baru dengar. Ternyata banyak yaaa pabtau2nya mana bisa snorkeling juga. Terima kasih infonya moga kapan2 juga bisa ke sana 😀

    Suka

  19. Duh jadi kangen Lombok deh baca artikel ini. Terakhir ke sana sebelum pandemi Covid melanda dunia, Desember 2019. Tak lam kemudian tahu-tahu lock down dimana-mana.

    Lombok itu punya pesona yang luar biasa. Alamnya, adat istiadatnya, budayanya hingga kekayaan kulinernya sungguh bikin kangen. Ah, jadi pengen ke Lombok lagi deh. Semoga nanti ada rejeki bisa liburan ke sana lagi

    Suka

  20. Udah dari lama pengen ke lombok tapi belum ada kesempatan. Pas baca ini jadi kebelet pengen ke lombok. semoga tahun ini ada kesempatan..

    Suka

  21. Hmm, meski jadi istri orang Lombok. Jujur belum pernah traveling ke sekitaram Lombok. Pas berkunjung ke Lombok sebelum sebelumnya … yang kurasakan adalah perbedaan cuaca yang ekstrem dari Malang si kota dingin dan Lombok yang cuacanya cukup terik. Dan yah … aku memilih untuk di rumah ibu mertua aja sambil rujakan sama bu ibu tetangga yang pada nyirih dan bikin tenun kembang komaq. -fin

    Suka

  22. Dari dulu lombok udah masuk ke detinasi impian. Seru banget ya kak liburannya, semoga suatu saat bisa liburan ke lombok juga – aamiin

    Suka

  23. Terimakasih infonya kakak, memang udh ada niatan ke lombok dri dulu yg kabarnya lebih muslim friendly daripada bali. hehehe. Keindahan sunsetnya di pink beach jg cakep banget ya. Siiip auto bookmarks sih ini.

    Suka

  24. Lombok adalah salah satu destinasi wisata dalan negeri impianku. Terima kasih untuk tulisannya, Kak. Nanti kalau ke Lombok, aku bakalan buka blog Kakak. 😂

    Suka

  25. halo kak salam kenal ya, kira kira untuk menikmati destinasi di atas, enaknya meluangkan waktu berapa hari ya kak? Transportasi di sana bagaimana? Dan lebih recomended ikut travelling atau mandiri aja ya kak?

    Suka

  26. Lombok emang salah satu destinasi wisata yg pengen banget aku kunjungin kak. Oya kenalin aku Siti dari blogger medan, tertarik juga buat jalan2 kesana. Kira2 budget yg diperlukan untuk perjalanan 3 hari 2 malam berapa ya kak?

    Suka

  27. Meskipun catatan perjalanan tahun 2022, tetap sukses bikin pembaca pun ingin menjejak kaki di Lombok lhooo… Sampai sekarang masih penasaran dengan desa Sade, bagaimana kehidupan di sana, juga pengin mengalami sendiri belajar menenun secara langsung.

    Suka

  28. Wahhh Lombok emang keren banget si, dulu kalau gak di Belitung ya ke Lombok. Tapi karena ortu waktu itu masih di Belitung, jadi menyempatkan diri untuk ke belitung dulu eh malah jadi tinggal di Belitung. Sepertinya nanti setelah menikah akan coba ke Lombok dan menetap disana, pesona wisatanya emang impian banget buat dijelajahin.

    Suka

  29. Membaca tulisan ini berasa lagi dimanjakan matanya, indah-indah banget pantai di Lombok

    Lombok adalah salah satu tempat yang indah banget, asri banget lengkap dengan warisan budayanya. Boleh dong kak bahas rincian biaya ala backpacker untuk wisata ke lombok..

    Suka

  30. Rasanya seperti ikut jalan-jalan nih Kak. Itu kesananya pakai jasa perjalanan yang udah punya itinerary teratur atau sendiri aja Kak?

    Suka

  31. Seru pastinya ya kak, bisa jalan-jalan keliling Lombok. Saya dari dulu pengen bisa ke Lombok, nabung dulu kayaknya. Dan juga ke Lombok ga bisa sehari dua hari. Minimal seminggu gitu, hehehe. biar puas keliling.

    Suka

  32. duh berasa pengen jalan-jalan ke lombok juga, menikmati keindahan pulaunya yang unik dan enak dipandang. Terus penasaran sama sirkuit mandalika juga.

    Suka

  33. Jalan-jalan ke Lombok seru ya, aku belum pernah tapi lihat teman-teman yang sudah pernah ke sana indah banget pemandangannya ya. Bakal seru pengalaman baru

    Suka

Tinggalkan komentar