Seputar Virgin Coconut Oil (VCO) dan Manfaatnya

Photo by Tijana Drndarski on Pexels.com

Apa itu Virgin Coconut Oil?

Berdasarkan tulisan saya sebelumnya, banyak yang mempertanyakan apa itu Virgin Coconut Oil. Virgin Coconut Oil (minyak kelapa murni) adalah minyak yang saya konsumsi selama 3 tahun terakhir untuk memasak. Mulai dari cara memasak stir fry (tumis), deep fry (menggoreng) dan olahan kue kukis homemade saya menggunakan Virgin Coconut Oil. (Klik disini untuk artikel sebelumnya)

Menurut Wikipedia, Virgin Coconut oil adalah sebagaimana yang dikutip sebagai berikut:

Minyak kelapa virgin (VCO) adalah minyak kelapa yang diperoleh dengan ekstraksi atau pengempaan pada suhu tidak lebih dari 60 °Celsius, sehingga minyak yang dihasilkan berwarna bening seperti air dan kandungan nutrisi, aroma, dan rasa kelapa tetap terjaga dengan baik. Minyak kelapa virgin memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi daripada minyak kelapa jenis lain. Biasa digunakan untuk bahan baku kosmetik dan juga dikonsumsi langsung sebagai asupan gizi berkalori tinggi. Pada bulan April 2021, peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan penelitian untuk menjajaki potensi minyak kelapa virgin sebagai terapi pelengkap bagi penderita COVID-19.

Wikipedia

Selanjutnya, berdasarkan Artikel Edukasi dan Informasi Produk Virgin Coconut Oil Coco Milagro yang publish tanggal 6 Februari 2021 menyatakan bahwa Virgin Coconut Oil adalah Minyak Kelapa Murni yang dibuat dari kelapa segar, bukan kopra (kelapa kering), yang diproduksi dengan metode tanpa kimia/pengawet/campuran apapun.

Virgin Coconut Oil bisa juga disebut sebagai SUPERFOOD dikarenakan bisa dikonsumsi secara langsung sebagai produk makanan dan minuman alami yang bernutrisi tinggi. Virgin Coconut Oil yang banyak beredar dipasaran biasanya diproses dengan metode pembuatan Cold Processed yaitu mesin modern sentrifugal tanpa pemanasan (tanpa pembekuan), ANH (Abosulte No Heat), dan bukan dengan cara fermentasi. Proses inilah yang penyebab mengapa Virgin Coconut Oil tergolong mahal namun menghasilkan produk yang bernutrisi tinggi.

Manfaat Virgin Coconut Oil dari Sisi Kesehatan

1. Kesehatan Tubuh

Sejumlah Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa waktu yang lalu, Virgin Coconut Oil sempat viral akibat banyak dikonsumsi oleh penderita Covid-19. Hal ini terjadi akibat banyak penderita Covid-19 yang mengaku dengan meminum Virgin Coconut Oil secara rutin, imunitas mereka berangsur pulih. Hal ini sempat di teliti juga oleh peneliti dari UGM yaitu Pakar Pulmonologi FKKMK UGM sekaligus Ketua Tim Airbone Disease RSUP Dr. Sardjito, dr. Ika Trisnawati, M.Sc., Sp.PD., KP., FINASIM., menyampaikan pilot studi VCO sebagai terapi adjuvan Covid-19. Dari hasil penelitiannya menunjukkan bahwa:

VCO dapat menurunkan marker inflamasi pada penderita Covid-19 sehingga diharapkan dapat mencegah perberatan penyakit

Baca disini!

Meskipun demikian, Virgin Coconut Oil bukanlah obat untuk semua penyakit. Memang Virgin Coconut Oil juga bisa mengobati beberapa penyakit serius seperti penyakit yang berhubungan dengan ketidakstabilan atau ketidakmampuan fungsi tubuh (thyroid problems). Virgin Coconut Oil sejatinya SUPERFOOD yang memiliki nutrisi baik yang penting untuk tubuh.

Konsumsilah Virgin Coconut Oil dalam makanan sehari-hari Anda

Yang namanya mengonsumsi sesendok penuh minyak pasti ada rasa eneg. Untuk mengakali hal tersebut, kamu bisa mencampurkan Virgin Coconut Oil kedalam racikan kopi atau teh harian kamu. Cukup masukkan 1 – 2sendok Virgin Coconut Oil didalam gelas kopi atau teh kamu, dijamin rasa minyak kelapa yang ada akan ternetralisir.

Selain itu, kamu bisa juga mencampurkan Virgin Coconut Oil ke dalam minuman Jus Buah atau Susu Suplement Gym kamu. Untuk Jus Buah, dengan mencampurkan berbagai toppings seperti granola dan kacang-kacangan, rasa minyak yang lengket dari Virgin Coconut Oil tidak terlalu terasa. Begitu juga dengan Susu Suplement Gym, dimana dengan mencampurkan susu suplement tersebut dengan Virgin Coconut Oil mampu menambahkan kandungan MCT Oil untuk program workout kamu.

Waktu terbaik untuk konsumsi Virgin Coconut Oil

Waktu terbaik untuk mengonsumsi Virgin Coconut Oil tergantung dari aktivitas dan kegiatan pribadi masing-masing. Kalau saya pribadi saya mengonsumsi Virgin Coconut Oil hanya pada bahan masakan saya saja. Tapi kebanyakan orang yang suka mengonsumsi Virgin Coconut Oil pada saat baru bangun tidur di pagi hari yaitu sebelum sarapan pagi karena pada saat itu pencernaan masih kosong sehingga penyerapan minyak lebih lancar.

Ada juga yang lebih suka meminum Virgin Coconut Oil pada siang hari. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak terlalu menyukai breakfast dan langsung lunch pada siang hari. Meminum Virgin Coconut Oil disiang hari sekitar 15-30 menit sebelum makan siang sangat baik, terutama untuk sedang menjalani program weight loss diet yang berguna untuk menstabilkan gula darah sehingga tidak kalap makan siangnya.

Bagi penderita GERD seperti saya, beberapa penelitian menganjurkan untuk mengonsumsi Virgin Coconut Oil sebelum ataupun sesudah makan. Hal ini dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan dan membunuh bakteri di dalam perut serta meredakan inflamasi sehingga membantu mencegah penyakit tukak lambung. Efeknya pada tubuh saya, saya jadi lebih gampang BAB setiap harinya.

Dosis umum untuk konsumsi Virgin Coconut Oil:

Untuk Virgin Coconut Oil yang saya dan keluarga konsumsi, dosis untuk konsumsi yang tertera pada informasi produk Virgin Coconut Oil adalah sebagai berikut:
*Dewasa : 2-3 sendok makan/perhari
*Anak : 2-3 sendok teh/hari
*Bayi : 1/2-1 sendok teh/hari

2. Kesehatan Kulit

Virgin Coconut Oil juga sangat bermanfaat bagi kulit kita. Virgin Coconut Oil bisa kita gunakan sebagai Remover Make Up alami. Dengan menuangkan beberapa tetes Virgin Coconut Oil ke kapas dan mengusapkannya pada wajah dijamin berbagai kotoran pada wajah akan terangkat. Pori-pori wajah pun bersih seketika.

Selain itu, Virgin Coconit Oil bisa juga digunakan sebagai Moisturizer alami. Rutinlah gunakan Virgin Coconut Oil pada wajah. Dijamin wajah akan lembab dan kulit wajah akan terlihat lebih segar seharian secara alami. Hal ini dikarenakan Virgin Coconut Oil berfungsi sebagai antioksidan dan antibiotik alami yang dapat melindungi wajah dari efek penuaan yang disebabkan radikal bebas.

Virgin Coconut Oil juga dapat digunakan sebagai antiseptik luka karena memiliki Asam Laurat yang bersifat anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur sehingga dapat meningkatkan perbaikan sel untuk mempercepat pemulihan luka. Virgin Coconut Oil juga diklaim bisa digunakan sebagai pengganti Baby Oil untuk menyembuhkan diaper rush sampai dengan gigitan serangga nyamuk pada bayi. Begitu juga dengan ibu yang sedang hamil dan akan melahirkan, Virgin Coconut Oil sangat bagus untuk mencegah dan menghilangkan Stretchmark pada area-area intim.

3. Kesehatan Rambut

Untuk kesehatan rambut, Virgin Coconut Oil sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Dengan mengamplikasikan Virgin Coconut Oil secara rutin mampu untuk memperbaiki pada rambut yang kering, rusak dan bercabang.

Berikut tips simple yang bisa digunakan untuk perawatan rambut sehari-hari:
Tuangkan Virgin Coconut Oil kedalam kemasan spray. Cukup semprotkan 1 kali ke tangan dan usapkan secara merata ke dua telapak tangan. Selanjutnya, pijit dari kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. Tunggu selama 30 menit, kemudia bilas menggunakan shampo rambut. Dijamin rambut akan lembut dan berkilau.

Penutup

Demikian ulasan saya terkait Virgin Coconut Oil dan segudang manfaatnya. Saya sendiri sudah hampir 3 tahun mengonsumsi Virgin Coconut Oil dan efeknya sungguh sangat bagus luar biasa. Saya disini sedang tidak melakukan endorse ataupun promosi. Saya hanya sekedar sharing pengalaman dan informasi yang saya dapat. Semoga tulisan saya ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca.

🪔Salam Sehat & Terimakasih🪔

-Bethaniafeby-

18 tanggapan untuk “Seputar Virgin Coconut Oil (VCO) dan Manfaatnya

  1. wah bagus manfaat dari virgin oil terutama untuk kulit yach. Dulu sudah sering dengar tentang VCO ini tetapi belum pernah coba. Semoga bisa saya coba karena merawat kulit itu sangat pentign sekali

    Suka

  2. Manfaatnya banyak banget ya .. kalau untuk diminum saya masih geli … tapi sebenarnya saya sudah mulai menggunakan Virgin Coconut Oil di wajah tapi saya berhenti huhuhu.

    Suka

  3. VCO memang manfaatnya banyak banget.. Tapi sayangnya beberapa produk penghasil VCO masih jual dengan harga yang lumayan mahal. Semoga bisa lebih terjangkau ya supaya semakin banyak yang bisa menikmati manfaat VCO

    Suka

  4. Sudah sering baca tentang khasiat VCO tapi entah kenapa belum tergerak untuk memakainya. Apa karena harganya yang lumayan ya Kak, padahal demi kesehatan mestinya diutamakan ya. Apalagi pas minyak goreng berbahan sawit sedang mahal begini, bisa jadi momentum buat beralih ke VCO karena lebih sehat dan menyehatkan. Baca tulisan ini jadi makin mupeng dan mau berburu di Tokopedia ah. Thx, Kak!

    Suka

  5. Ternyata manfaat VCO ini banyak juga ya, selain bagus untuk dikonsumsi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Dan setelah baca tulisan ini saya baru tahu kalo VCO juga boleh dikonsumsi oleh bayi. Thx for share kak Feby

    Suka

  6. Harga VCO emang mahal sesuai dengan manfaatnya yang banyak banget

    saya dulu pakai VCO untuk memijat kulit kepala anak perempuan saya

    hasilnya bagus banget, rambut yang semula tipis jadi lebat

    Suka

  7. harga minyak kelapa murni dan sawit gak jauh beda, kalo beda tipis mending pilih kelapa asli dong. lebih sehat. aku juga pake coconut oil selama masa sakit dan pemulihan kemarin. sekarang juga pake

    Suka

Tinggalkan komentar